Keberadaan Fakultas Teknik sebagai lembaga pendidikan tinggi di Sulawesi Utara diawali dengan keluarnya Surat Keputusan Menteri PTIP No. 132, tanggal 22 Oktober 1964, yangmenyatakan terhitung mulai tanggal 1 September 1964 Fakultas Teknik berdiri di dalam lingkungan UNSULUTTENG (yang kemudian dikenal dengan nama Universitas Sam Ratulangi) dengan satu jurusan/program studi yaitu Teknik Sipil S1.Dengan adanya peningkatan jumlah minat masyarakat memasuki Fakultas Teknik, maka mulai tahun ajaran 1968 dapat dirasakan berbagai kekurangan dalam hal pelayanan kepada mahasiswa, terutama bidang akademik.Melalui kerjasama dengan Departemen Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB), permasalahan yang dihadapi dapat teratasi melalui PROGRAM AFILIASI
      RENCANA STRATEGIS & RENCANA OPERASIONAL| FAKULTAS TEKNIK UNSRAT 2018-2022, dengan mengirimkan mahasiswa melanjutkan studi di ITB sesuai tempat yang tersedia. Program ini berjalan cukup lama, hingga suatu saat setelah memenuhi berbagai persyaratan dan ketentuan penyelenggaraan suatu pendidikan tinggi maka maka sejak tahun 1982,

       

      Fakultas Teknik Unsrat mulai menjalankan program menamatkan lulusan sendiri. Sejalan dengan perkembangan pembangunan nasional, pada tahun 1976 sangat terasa adanya kebutuhan tenaga madya untuk dapat menjembatani peran tenaga sarjana dengan para lulusan Sekolah Menengah sebagai pelaksana pembangunan khususnya di Sulawesi Utara. Melalui studi kelayakan dan seminar dengan beberapa instansi antara lain Kanwil P & K Sulut, PLN dan Dinas PU, dan melalui SK Rektor Unsrat No. 873/UM/thn 1977 tanggal 7 Maret 1977, dibuka Program D-3 Pendidikan Ahli Teknik (P.A.T) dengan Jurusan Teknik Sipil dan Arsitektur. Setahun kemudian yaitu 1978 dibuka Jurusan Teknik Mesin dan Teknik Elektro. Pada tahun 1982, Program Pendidikan Ahli Teknik mendapat persetujuan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui SK Dirjen Pendidikan Tinggi No. 052/Dj/ Kep./1982 tertanggal 17 November 1982.Melalui Rencana Induk Pengembangan Universitas Sam Ratulangi tahun 1980, direncanakanpenambahan program pendidikan S-1 Teknik Arsitektur dalam lingkungan Fakultas Teknik. Rencana ini dilaksanakan pada tahun 1983 dimana penerimaan mahasiswa baru dilaksanakan melalui Proyek Perintis III, Indonesia Timur.Berdasarkan SK Dirjen Dikti No.048/Dikti/Kep/1984, tanggal 18 Juli 1984, Program Studi yang ada di Fakultas Teknik Unsrat menjadi:

       

      1.Program Studi S-1 Teknik Sipil

      2.Program Studi S-1 Teknik Arsitektur

      3.Program Studi D-3 Teknik Sipil

      4.Program Studi D-3 Teknik Arsitektur

      5.Program Studi D-3 Teknik Mesin

      6.Program Studi D-3 Teknik Elektro


      RENCANA STRATEGIS & RENCANA OPERASIONAL| FAKULTAS TEKNIK UNSRAT 2018-20223Keenam program studi yang ada di Fakultas Teknik berlangsung sampai dengan tahun kuliah 1988/1989. Sesuai anjuran dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (sehubungan dengan dibukanya Program Politeknik), pada Rapat Senat Fakultas ditetapkan bahwa mulai tahun kuliah 1989/1990 tidak akan dilakukan penerimaan baru untuk program studi D-3.Melalui berbagai usaha pengembangan Fakultas Teknik, pada tahun 1993 telah dibuka Program Studi S-1Teknik Elektro dan S-1 Teknik Mesin dengan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdikbud No. 511/DIKTI/Kep/1992 dan No. 512/DIKTI/Kep/1992 tanggal 18 Desember 1992.Pada tahun 1994, Fakultas Teknik Unsrat mendapat permintaan dari beberapa instansi teknis pemerintah yang berhubungan dengan pekerjaan rekayasa dan konstruksi agar dapat menerima karyawannya yang berijazah Diploma III Keteknikan untuk melanjutkan studi ke tingkat S-1 Teknik. Melalui keputusan Senat Fakultas Teknik pada tahun 1994 dibuka program studi lanjutan S-1 Teknik yang disebut Program Lintas Jalur. Yang dapat diterima menjadi mahasiswa S-1 Teknik melalui program ini adalah mereka yang berijazah D-3 keteknikan, telah mempunyai pengalaman kerja minimum 2 (dua) tahun pada level ijazah tersebut, dan lulus saringan/ujian masuk.Pada tahun 1998, upaya pengembangan mutu kelembagaan Fakultas Teknik mengalami suatu peningkatan yang menggembirakan dengan adanya persetujuan pemerintah terhadap pembentukan 3 (tiga) jurusan baru, yaitu:

       

      (i) Jurusan Teknik Mesin (SK Dirjen Dikti No. 212/DIKTI/Kep/1998 tanggal 3 Juli 1998),

      (ii) Jurusan Arsitektur

      (iii) Jurusan Teknik Elektro (SK Dirjen Dikti No. 457/DIKTI/Kep/1988 tanggal 18 Desember 1998),

       

      Sehingga dengan demikian maka Fakultas Teknik Unsrat memiliki 4 (empat) jurusan.Pada tahun 1999, Fakultas Teknik Unsrat mengadakan langkah penyesuaian dengan paradigma baru pelaksanaan pendidikan tinggi, yaitu langkah berupa optimalisasi seluas-luasnya terhadap sumberdaya yang dimilikinya. Langkah ini mewujudkan pengaktifan kembali Program D-3Teknik. Keputusan Rektor No.145/J-12/KP/1999, tanggal 30 Juni 1999 tentang pengangkatan TIM


      RENCANA STRATEGIS & RENCANA OPERASIONAL| FAKULTAS TEKNIK UNSRAT 2018-2022 Pengelola D-3 di Fakultas Teknik Unsrat secara tidak langsung telah menunjukkan eksistensi dari Program D-3 ini. Pada tahun 1999 perintisan pembukaan Program Pendidikan jenjang S2 di bidang Teknik Sipil mendapat saran dari Direktorat Pendidikan Tinggi untuk mengadakan kerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk dapat dilaksanakan. Tim dari Fakultas Teknik Unsrat langsung mengadakan penjajakan kerjsama dengan pihak-pihak dari ITB. Penjajakan kerjasama ini berhasil sehingga mulai tahun ajaran 2000, Fakultas Teknik Unsrat bekerja sama dengan ITB dipayungi oleh Program Pascasarjana Unsrat mulai melaksanakan Program S2 Keteknikan. Dengan demikian, mulai tahun ajaran 2000/2001 unit-unit pelaksana pendidikan tinggi di Fakultas Teknik Unsrat terdiri dari:

       

      Jurusan Sipil, dengan:

      -Program Studi S1 Teknik Sipil

      -Program Studi DIII Teknik Sipil

      -Program Studi S2 Teknik Sipil (kerjaaama ITB dan Unsrat)

       

      Jurusan Arsitektur, dengan:

      -Program Studi S1 Teknik Arsitektur

      -Program Studi DIII Teknik Arsitektur

       

      Jurusan Elektro, dengan:

      -Program Studi S1 Teknik Elektro

      -Program Studi DIII Teknik Elektro

       

      Jurusan Mesin, dengan:

      -Program Studi S1 Teknik Mesin

      -Program Studi DIII Teknik Mesin


      RENCANA STRATEGIS & RENCANA OPERASIONAL| FAKULTAS TEKNIK UNSRAT 2018-2022 Program Pendidikan Diploma, setelah ada pembukaan Politrknik Negeri Manado, maka terhitung tahun ajaran 2004/2005 tidak menerima mahasiswa baru lagi dan hanya menyelesaikan mahasiswa yang masih terdaftar. Untuk ikut mendukung program nasional di bidang pendidikan tinggi, yaitu mendukung peningkatan daya saing bangsa dan memperluas akses masyarakat ke program pendidikan tinggi, fakultas teknik telah membuka dan melaksanakan 2 program studi baru, yaitu :

      - Program Studi S1 Perencanaan Wilayah Kota (PWK).

      Program studi ini dikelola di bawah jurusan Arsitektur, sebagian besar staf pengajarnya adalah dosen tetap di jurusan Arsitektur dan sudah berlangsung selama tiga tahun ajaran.

       

      -Program Studi S1 Teknik Informatika. Program studi ini dikelola di bawah jurusan Teknik Elektro, sebagian besar staf pengajarnya adalah dosen tetap di jurusan Teknik Elektro.

       

      Terhitung 1 Agustus 2010 Fakultas Teknik mempunyai 6 (enam) Program Studi S1, yaitu:

      1.Program Studi S1Teknik Sipil

      2.Program Studi S1 Arsitektur

      3.Program Studi S1 T. Elektro

      4.Program Studi S1 T. Mesin

      5.Program Studi S1. Perencanaan Wilayah Kota

      6.Program Studi S1 T. Informatika.

       

      Selanjutnya pada tahun 2010 Jurusan Arsitektur mengembangkan diri dengan membuka Program Studi S2 Arsitektur. Pembukaan program studi ini,bekerja sama dengan Universitas Indonesia. Sama dengan S2 Teknik Sipil, Program Studi S2 Arsitektur kemudian dikelola di Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi. Berdasarkan Aturan yang baru Kementerian Riset dan Teknologi
      RENCANA STRATEGIS & RENCANA OPERASIONAL| FAKULTAS TEKNIK UNSRAT 2018-20226Pendidikan Tinggi untuk semua program studi berkategori mono-disiplin dapat dikelola di fakultas, maka Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi sedang mengupayakan Program Studi S2 Teknik Sipil dan Program Studi S2 Arsitektur di kelola di Fakultas Teknik Unsrat. Berdasarkan kebutuhan masyarakat, maka pada tahun 2016 kemudian Fakultas Teknik mendirikan Program Studi S1 Teknik Lingkungan. Program studi ini, dibidani oleh Jurusan Teknik Sipil.

       

      Selanjutnya dalam pengelolaanya, di bawah jurusan Teknik Sipil. Selanjutnya di tahun 2018, Fakultas Teknik mulai membuka diri terhadap program profesi yang kemudian membentuk ProgramProfesi Insinyur (PPI). Oleh karena PPI ini dikategorikan sebagai program multi-disiplin, maka Program Studi PPI dalam pengelolaan, berada di Pascasarjana Universitas Sam Ratulangi.

      SEJARAH FAKULTAS TEKNIK